Terima kasnih anda telah berkunjung di ibnuhasbie.blogspot.com

Entri Populer

ARSIP

Selasa, 03 Agustus 2010

MENGAPA HARUS BERIBADAH ?

Saran saya Anda Baca Juga



Mengapa beribadah? Apakah untuk masuk sorga? Seandainya saja sorga tidak ada, apakah kita masih mau beribadah? Mengapa beribadah? Apakah untuk menghindari api neraka? Bila neraka tidak ada juga, apa kita masih mau beribadah? Sekali lagi, mengapa beribadah? Untuk dapat pahala sebanyak-banyaknya? Buat apa pahala sebanyak itu? Sementara Rasul pun mengatakan bahwa seseorang yang masuk sorga bukanlah karena pahala dan amal ibadahnya..!! Lalu mengapa beribadah? 
Kita adalah hamba. Allah adalah Tuhan. Apapun perintah Tuhan, hamba harus laksanakan, selanjutnya, terserah Allah…!! Sorga… Neraka… Pahala… Dosa… Yang penting hamba (bila masih merasa hamba) harus tunduk dan taat kepada Allah… Kecuali kalau sudah tidak merasa sebagai hamba lagi, maka selamat menjadi tuhan sendiri !! Imam Ali Ra. berkata :
إلهي ما عبدتك خوفا من نارك ولا طمعا في جنتك ولكن وجدتك أهلا للعبادة فعبدتك
Hamba tidak menyembah-Mu karena ingin masuk sorga, atau takut masuk neraka… Hamba menyembah-Mu karena Engkalulah satu-satunya Tuhan yang patut disembah dan ditaati. Hamba tidak beribadah untuk mendapat pahala atau mengurangi dosa… Hamba beribadah karena menjunjung perintah-Mu saja.


Siti Rabi’ah al-Adawiah Ra. berkata dalam do’anya :

يا رب إن كنت أعبدك طمعا في جنتك فاحرمني منها وإن كنت أعبدك خوفا من نارك فاقذفني فيها . أنا عبدك لأنك تستحق العبادة
Ya Allah, bila sujudku pada-Mu karena damba sorga-Mu maka tutuplah untukku sorga itu… Dan bila hamba mengabdi karena takut neraka-Mu, maka bakarlah hamba dengan api neraka-Mu! Diri ini hanyalah hamba-Mu karena Engkaulah Tuhan yang patut disembah.

Ibadah karena takut neraka disebut Ibadatul-abid. Ibadah karena ingin sorga disebut Ibadatut-tujjar. Ibadah karena mengharap ridla Allah semata disebut Ibadatul-ahrar.

Komentar :

ada 0 komentar ke “MENGAPA HARUS BERIBADAH ?”

BERITA HARI INI

 

YAHOO PIPES

BERITA TERBARU

Editor template ibnuhasbie | Untuk template Catatan Harian